Selasa, 10 November 2015

Kapankah Orangtua Sebaiknya Mulai Mengajarkan Cara Mengelola Keuangan Kepada Anaknya?

author : Arnaldi Nasrum
Tuesday, 10 November 2015 - 12:00 pm

 

Intisari-Online.com - Kapankah orangtua sebaiknya mulai mengajarkan anaknya cara mengelola keuangan dengan baik? Ini adalah pertanyaan penting. Seorang anak yang mendapatkan pengetahuan finansial yang baik dari orangtuanya akan berdampak ketika telah dewasa kelak.  Jawaban yang sering muncul atas pertanyaan tersebut adalah “tergantung” atau mungkin “belum saatnya”.
Orangtua lebih senang melindungi anaknya dari hal-hal yang berhubungan dengan lingkungaan seperti saat anak sedang bermain. Namun, soal keuangan biasanya selalu menjadi urusan belakangan.
John Sharry, pekerja sosial dan pengamat finansial mengatakan orangtua harus mengajarkan finansial kepada anaknya sejak dini. “Orangtua perlu untuk memberikan anaknya kesempatan mengambil tanggung jawab, dan mengajari mereka untuk mengelola keuangan,” jelasnya.
Nah, jika begitu, bagaimana memulai mengajarkan konsep finansial kepada anak? Sharry mengatakan orangtua tidak perlu berpikir secara ketat untuk membuat kategori usia dan konsep seperti apa yang harus diajarkan. Menurutnya, yang terpenting adalah orangtua mengajarkan anaknya nilai keuangan pada usia dini. “Paling tidak orang tua memberikan kesempatan dan  mengajar anaknya soal tanggung jawab dan disiplin,” tambahnya.

Sementara itu, Joanna Fortune yang merupaka seorang psikoterapis klinis yang memfokuskan diri pada isu anak dan remaja psikoterapi, mengatakan anak-anak siap untuk menerima pelajaran soal finansial saat berusia sekitar empat tahun.

“Setelah anak belajar berhitung, maka Anda bisa mulai mengajarinya,” katanya. Menurutnya, uang adalah cara yang paling baik untuk mengajarkan anak mengenai pengambilan keputusan dalam hidup.
(Irish Times)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar