Rabu, 13 Januari 2016

Quitters, Campers, dan Climbers yang Manakah Tipe Kepribadian Anda?

author : Tika Anggreni Purba
Wednesday, 13 January 2016 - 10:00 am

edelalon.com

Tes Adversity Quotion (AQ) dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menghadapi permasalahan hidup. Kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah dikategorikan sebagai ukuran kecerdasan. Paul Scholz mencetuskan tipe-tipe kepribadian itu kedalam tiga ciri. Dari ketiga kepribadian ini, yang manakah Anda?

Intisari-Online.com -  Tes Adversity Quotion(AQ) dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menghadapi permasalahan hidup. Kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah dikategorikan sebagai ukuran kecerdasan. Paul Scholz mencetuskan tipe-tipe kepribadian itu ke dalam tiga ciri, quitters, campers, danclimbers. Dari ketiga kepribadian ini, yang manakah Anda?

Semua mustahil bagi si Quitters
Kepribadian quitters cenderung menghindar dan berhenti untuk melakukan sesuatu. Pilihannya hanya ada dua, mundur atau keluar. Orang-orang dengan tipe ini sangat mudah patah arang. Banyak memakai perasaan dan mengganggap dirinya tidak mampu. Jika kesuksesan diibaratkan adalah puncak gunung, tanpa berpikir jauh, mereka cenderung menolak mendaki. Tawaran akan indahnya pemandangan dari puncak juga tak menggoyahkannya dan hanya puas dengan keadaannya yang begitu-begitu saja. Kata-kata favoritnya adalah “Tidak bisa, tidak mungkin, dan saya tidak mampu.”

Campers, merasa aman di zona nyaman
Baginya sesuatu yang cukup sudah sangat memuaskan. Orang dengan tipe ini menolak untuk lakukan sesuatu bagi pengembangan dirinya. Zona nyaman yang sangat tinggi membuatnya enggan untuk berjuang. Akhirnya, ia tidak maju dan tidak mundur. Sekalipun berusaha, si campers senang-senang saja dengan usaha seadanya. Mereka cenderung menghindari cobaan.

Climbers, paling optimis
Orang dengan jenis kepribadian ini enggan mundur dalam perjuangan. Tekadnya adalah untuk berjuang hingga puncak kesuksesan. Bahkan si climbers dapat melihat harapan dibalik penderitaan. Baginya hal-hal yang sepele dapat digunakan untuk mencapai kesuksesan. Keinginannya yang besar menjadikannya tidak terpengaruh lingkungan, malah lingkungan yang dipengaruhi olehnya. Percaya dirinya yang tinggi membuatnya bergairah mencapai tujuan hidup. Bahkan, tantangan adalah makanan sehari-hari yang siap untuk dilumatnya.

Sumber: http://intisari-online.com/read/quitters-campers-dan-climbers-yang-manakah-tipe-kepribadian-anda

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar